Mulai Belajar Dengan Apa Yang Aku Bisa

Cara Mengamankan Akun Facebook

Posted by Andrew Penetz On Wednesday, November 28, 2012 0 comments

Selamat datang di blog sederhana saya sobat, pada postingan kali ini saya akan berbagi tips untuk mengamankan akun Facebook agar tidak di curi atau di hack (istilah kerennya) sama orang yang tidak bertanggung jawab. Postingan Cara Mengamankan Akun Facebook ini sengaja saya tulis berdasarkan pengalaman saya pribadi beberapa waktu yang lalu. Waktu itu saya lagi gemar-gemarnya main salah satu Game Facebook yang terintegrasi dengan Zynga, mungkin Game ini sudah tidak asing lagi buat sobat, Game itu adalah Zynga Poker. Siapa sih yang ga kenal dengan Game yang satu ini ??? Anda juga pastinya mengetahui game ini, atau mungkin anda juga penggemar game yang satu ini ??? kalo anda penggemar game ini tentunya anda tau betul tentang chip poker. Nah... pada waktu itu chip poker saya lumayan banyak sobat,  namun betapa terkejutnya saya ketika keesokan harinya ketika saya buka poker saya ternyata chip saya sudah Raib (hilang) di curi orang, Buehhh BT banget rasanya... Chip yang saya naikin cape-cape tapi diambil orang gitu aja.. Maklumlah saat itu harga chip masih lumayan tinggi meski sekarang sudah ga semahal waktu itu.

Cara Mengamankan Akun Facebook


Facebook bukan saja untuk bermain game seperti cerita saya diatas, namun Facebook merupakan sebuah identitas perorangan yang berisi data-data penting seperti Foto-foto pribadi dan yang ga kalah pentingnya adalah Facebook sebagai media terhubungnya antara anda dan temen-temen anda. Seandainya Facebook anda yang telah memiliki banyak temen tiba-tiba tidak bisa di akses karena di Hack orang apa yang anda rasakan?? pasti sangat kesal dan tak jarang keluarnya kata-kata kotor untuk menyumpahi orang yang mencuri akun facebook anda.

Kenapa Akun Facebook tidak bisa di buka ??
Jika suatu ketika akun facebook anda tidak dapat di buka, jangan panik dulu coba anda lihat beberapa kemungkinan dibawah ini :

  • Salah memasukkan Email : jika akun Facebook anda tidak dapat di akses hal yang sering terjadi adalah kesalahan disaat memasukkan email, coba anda teliti lagi email anda apakah sudah benar atau belum
  • Salah memasukkan Password : Yang kedua ini sama seperti yang pertama yaitu anda harus memriksa kembali password yang anda masukkan. Coba anda masukkan perlahan-lahan dengan teliti.
Ok sobat, mari kita langsung menuju topik utama pada postingan saya kali ini, yaitu Cara Mengamankan Akun Facebook dari hacker berikut tips-tipsnya sobat :

  • Amankan Email : Ini sangat penting sobat, sebelum sobat membuat akun facebook tentunya sobat telah membuat email terlebih dahulu. Email adalah jantung dari akun facebook, pihak facebook secara otomatis akan mengirimkan segala aktifitas di facebook ke akun email yang di daftarkan ke facebook. Email juga berfungsi sebagai alat untuk merecoveri kesalahan (lupa password facebook ; misal ) yang terjadi pada akun facebook sobat. Hal yang paling utama dan tidak boleh di lupakan adalah sobat harus Mengingat atau mencatat dengan benar alamat email dan password email dengan benar dan juga mengamankan informasi email sobat dari orang lain.
  • Gunakan Keyboard Virtual Windows : Dengan menggunakan Keyboard Virtual maka akan lebih menjaga pencurian Password dan Email ketika anda login Facebook di PC umum/warnet. Kenapa ?? Karena Software Hack Pass seperti KeyLogger merekam dan mencuri data pengguna melalui ketikan di Keyboard untuk itu perlu menggunakan Keyboard virtual ketika anda ingin memasukkan Email dan Password anda. Bagaiman caranya ?? Caranya sebagai berikut : Klik Start >> All Program >> Accessories >> Accessbility >> on-screen Keyboard
  • Sembunyikan Email : Sembunyikan informasi email anda dari publik di akun facebook. caranya : Buka facebook anda >> pengaturan >> pengaturan akun >> umum >> email >> hilangkan centang pada "Izinkan teman menyertakan alamat email saya dalam Unduh Informasi Anda"
  • Buat Password yang kuat : Password yang kuat sangat di anjurkan dalam penggunaan akun di media online. Password yang kuat seperti apa si ?? password yang kuat itu adalah password yang panjang dan kombinasi antara angka, huruf besar, huruf kecil, dan kode-kode jika di perlukan, contoh password yang kuat : aKuC1nt4|<aMu atau C1nTa100%
  • Jangan beritahukan informasi anda kepada siapapun : Seperti yang saya ulas di atas bahwa akun facebook itu bersifat pribadi jadi jangan berikan informasi pribadi anda (pass and email) kepada siapapun.
  • Gunakan Verifikasi no. Hp : Daftarkan no. Hp sobat untuk memperkuat dan berjaga-jaga jika suatu saat di butuhkan untuk merecoveri akun facebook anda (lupa password ; misal)
  • Gunakan Persetujuan Masuk : Yang ini adalah cara yang paling aman menurut saya, yaitu dengan menggunakan persetujuan masuk via verifikasi kode melalui HP ketika ingin login ke Akun Facebook sobat. Caranya gimana ?? gini sobat caranya : sobat buka akun facebook sobat, terus buka pengaturan akun >> pilih Keamanan >> Klik Sunting pada Persetujuan Masuk Facebook >> beri tanda Centang pada Haruskan saya memasukkan kode keamanan setiap kali ada komputer atau perangkat yang tidak dikenal mencoba mengakses akun saya  >> Simpan Perubahan >> Selesai.

Perlu di ingat bahwa dengan menggunakan Persetujuan masuk anda akan selalu diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan pihak Facebook ke Hp anda setiap anda ingin membuka akun facebook anda di tempat (komputer, warnet) lain yang tidak di kenali, hal ini terbukti sangat efektif untuk mengamankan akun facebook sobat karena setiap ada orang lain yang mencoba mengakses facebook anda maka, orang tersebut tidak akan dapat masuk ke akun anda tanpa kode verifikasi yang anda terima via Sms facebook di Hp anda. Demikian tips dari saya semoga bermanfa'at. Baca juga Tips pada postingan saya Selanjutnya yaitu Cara Mengembalikan Akun Facebook yang di Hack .     
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment